Tips Traveling ke Siem Reap Kamboja

By Rosa Cornelia Gusfa - Wednesday, March 21, 2018

Welcome to the Kingdom of Cambodia! Selamat datang di Kerajaan Kamboja adalah sambutan yang akan kalian dapatkan ketika berkunjung ke negera ini. Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri, sama hal nya dengan Kamboja. Kamboja termasuk dalam Negara anggota ASEAN yang artinya bagi kamu yang berasal dari Negara anggota ASEAN, kamu tidak akan dikenakan biaya VISA untuk berkunjung ke Negara ini. Ya, satu point plus untuk kita!

PENERBANGAN

Perjalanan ke Kamboja bisa dilakukan menggunakan transportasi udara (pesawat). Tidak ada penerbangan langsung dari Indonesia ke Kamboja. Biasanya kita akan melakukan penerbangan transit di Kuala Lumpur Malaysia terlebih dahulu. Untuk tiket pesawat yang lebih ekonomis kalian bisa berburu tiket promo dari maskapai tertentu yang biasanya mengadakan promo setiap akhir bulan. Atau kalian bisa memesan tiket dari jauh hari agar menghindar kenaikan harga tiket di dekat tanggal keberangkatan kalian. 


Kamboja memiliki dua kota besar, ibu kota Negara ini adalah Phnom Penh dan kota besar lainnya yaitu Siemreap. Dua kota ini memiliki bandara internasional sebagai gerbang masuk ke kerajaan Kamboja. Saat kunjungan ke Kamboja, kami lebih memilih penerbangan menuju Siem Reap International Airport. 

MATA UANG (CURRENCY)

Siem Reap Kamboja sedikit berbeda dengan daerah lain. Mata uang resmi Negara ini adalah Riel Kamboja namun kalian akan sangat jarang menggunakan mata uang Riel. Di Siem Reap mata uang yang digunakan adalah USD. Ya, US Dollar atau Dollar Amerika! Kota Siem Reap seperti kota wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Mungkin itu jadi salah satu alasan kenapa mereka menggunakan USD dibandingkan Riel. Jadi sebelum berkunjung ke Siem Reap ada baiknya kalian sudah menukarkan uang ke USD. Opsi lain kalian bisa melakukan tarik tunai ATM berlogo VISA, tapi biaya charge akan lebih besar yaitu $5 sekali penarikan. 


HOTEL

Sebelum sampai di Kamboja ada baiknya jika kalian sudah membooking hotel sebelumnya. Ada banyak hotel di Siem Reap yang bisa kalian booking lewat aplikasi booking online seperti AirBnb. Harga hotel di Siem Reap pun beragam dari IDR 150ribu hingga jutaan tergantung hotel seperti apa yang kalian inginkan. Dengan range harga IDR 250ribu keatas kalian bisa mendapatkan hotel dengan fasilitas hotel dan kamar yang bagus dengan kolam renang. Setelah membooking hotel ada baiknya kalian menghubungi pihak hotel karena hampir seluruh hotel di Siem Reap menyediakan jasa penjemputan dari bandara menuju hotel dan FREE of charge. 


KUNJUNGAN KE ANGKOR WAT

Wisatawan asing lebih memilih Siem Reap dibandingkan Phnom Penh. Di Siem Reap terdapat Angkor Wat yang menjadi mascot kota tersebut. Angkor Wat adalah UNESCO World Heritage as the largest religious monument in the world! Kuil Angkor Wat ini termasuk kuil budha yang sangat bersejarah. Jika kalian yang ingin berkunjung ke Angkor Wat, khususnya untuk para wanita gunakan baju yang sopan. Jika kalian datang dengan baju yang sedikit terbuka maka pihak Angkor Wat tidak mengizinkan kalian masuk kecuali kalian menutupi pakaian menggunkan kain atau pashmina. 


Untuk turis asing biaya yang dikenakan untuk mengunjungi angkorwat 1day pass yaitu sebesar US$ 37. Daypass yang dibeli dapat kalian gunakan penuh untuk berkeliling wisata angkorwat. Kawasan angkorwat sangat luas dan terdiri dari banyak kuil-kuil bersejarah. Jadi jika kalian hendak berkunjung ke angkorwat akan lebih baik jika kalian menyewa tuktuk dan supir untuk mengajak kalian berkeliling.


TRANSPORTASI

Transportasi umum yang ada di Siem Reap seperti bus, dan taxi/tuktuk. Bus digunakan untuk transportasi antar kota, provinsi atau Negara. Sedangkan transportasi yang umum digunakan adalah tuktuk. Tuktuk di Kamboja hamper sama dengan tuktuk yang biasa dijumpai di Thailand. Bedanya hanya tuktuk Kamboja menggunakan sepeda motor untuk menarik kereta dibelakangnya. Seperti yang dijelaskan diatas, pembayaran tuktuk ini juga menggunakan US Dollar. Sebelum kalian menggunakan tuktuk upayakan untuk menanyakan harga terlebih dahulu sebelum naik agar menghindari biaya diluar perkiraan kita.


Kota Siem Reap bagi saya sendiri seperti kota yang gersang dan tandus. Dari pengalaman saya ada baiknya kalian menyiapkan masker/buff/syall/pashmina karena disepanjang kota ini sangat penuh dengan debu baik debu kendaran maupun debu karena daerahnya yang gersang. Terlebih Karena disana transportasi yang akan digunakan adalah tuktuk, tuktuk semacam becak atau bemo yang ada di Indonesia. 

SHOPPING

Ini adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewatkan! Khusunya untuk para kaum hawa. Berbelanja sudah seperti kegiatan yang wajib, ya seperti berbelanja oleh-oleh. Di SiemReap terdapat pasar khusus yang menjual beragam jenis barang-barang khas Kamboja. Pasar yang paling terkenal yaitu Angkor Night Market. Seperti namanya pasar ini ramai dikunjungi para turis saat malam hari. Tidak jauh dari Angkor Night Market kalian bisa bersantai-santai di area Angkor Pub Street. Angkor Pub Street adalah daerah yang diisi oleh restaurant dan bar. Suasana Angkor Pub Street sangat cocok untuk kalian melepaskan penat setelah berbelanja dan nuansa yang diberikan mirip sekali dengan nuansa di Bali! 



MAKANAN

Makanan di Siem Reap tidak terlalu berbeda dengan Indonesia, mungkin karena masih sesama Asia. Tapi jika kalian tidak suka mencoba atau tidak nafsu dengan makanan lokal  jangan takut karena ada satu fastfood KFC disini. FYI KFC di setiap Negara tentu berbeda, jadi jangan terlalu berharap akan sama dengan di Indonesia ya. Tapi kurang lebih tetap enak. Kamboja juga memiliki makanan khas sendiri. Hampir sama dengan Negara tetangga Thailand, Khmer Food (ucapan untuk makanan Kamboja) yaitu seperti cemilan yang berasal dari serangga dll seperti ulat, kalajengking, ular, belalang dan lain sebagainya. Apa kalian berani mencoba? :D


Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian yang ingin ke Siem Reap Kamboja!
Ps: dimana pun kalian berada jangan lupa untuk bersikap ramah dan tidak membuang sampah sembarangan ya!


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar