Why You Should DIVE? Kenapa Kamu Harus Diving?

By Rosa Cornelia Gusfa - Friday, January 05, 2018

credits: livingseas.asia

Memang tidak semua orang dibekali jiwa berpetualang, bahkan berkeliaran di alam bebas. Namun beberapa dari mereka pasti memilikinya dan beberapa dari mereka juga bisa gampang untuk melakukan banyak hal tersebut. Mereka yang memiliki jiwa petualang sudah menganggap alam sebagai sahabatnya, baik itu di hutan maupun laut.
 
 credits: instagram.rosagusfa

Terkhusus untuk laut mungkin bagi mereka mengexplore laut lebih mudah dibandingkan dengan hutan atau gunung. Tapi sebenarnya sama aja, kedua hal tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Seperti yang kita ketahui, keindahan laut Indonesia seperti tak dapat ditandingi. Bersyukurlah kalian yang tinggal di Negara tropis ini, banyak sekali keindahan yang dapat kalian jumpai.


Untuk dapat menjumpai alam bawah laut tidak termasuk hal yang gampang. Mengexplore alam bawah laut bisa kita lakukan dengan olahraga air seperti snorkeling dan juga diving. Kedua kegiatan tersebut hampir sama namun dengan proses yang berbeda. Kebanyakan orang lebih memilih diving daripada snorkeling. 

 credits: livingseas.asia

Mengapa DIVING?


Keindahan alam bawah laut adalah keindahan alam yang sangat luar biasa. Untuk dapat menjumpainya ada baiknya untuk kita melakukan watersport yaitu diving. Akan tetapi tidak semua orang dapat melakukan diving. Diving hanya bisa dilakukan bagi mereka yang sudah memiliki diving license. Jadi dengan perumpamaan tidak semua orang dapat langsung melakukan diving.


Kenapa harus mempunyai diving license terlebih dahulu? Ketika kita dalam proses untuk mendapatkan license, kita harus mengikuti banyak prosedur yaitu dari pertemuan kelas, praktek kolam hingga akhirnya praktek di laut. Dalam kelas diving ini kita akan diajarkan bagaimana menggunakan peralatan diving dan tentunya bagaimana diving yang baik.


Proses dalam kelas diving juga menyenangkan, jadi kalian dijamin tidak akan bosan apalagi hari yang ditunggu-tunggu yaitu praktek di laut. Dalam kegiatan diving, kita juga tidak akan sendirian karna kita harus selalu bersama buddies. Diving sendiirian juga tidak dianjurkan dengan apapun alasannya karena resiko yang sangat besar.

Istilah "never dive alone" memang benar adanya. Istilah ini memperingatkan kita untuk tidak diving seorang diri. Diving sendirian sangat tidak dianjurkan karena kita akan saling membutuhkan orang lain "buddy" saat melakukan diving. Bisa dibilang seperti keselamatan buddy adalah keselamatan kita.

 credits: livingseas.asia

Ketika sudah mendapatkan license, kalian akan lebih mudah jika ingin melakukan diving lagi dan dimanapun itu. Karna dengan adanya license yang artinya kalian dapat melakukan diving diberbagai tempat yang ingin kalian kunjungi. Berbeda dengan mereka yang belum mempunyai license. Mereka hanya bisa melakukan discovery dive dan itu sangatlah terbatas. Dalam artian discovery dive hanya bisa pada maksimum kedalaman kurang lebih 7-8meter. Sedangkan diving dengan memiliki license kalian dapat masuk hingga di kedalaman 20meter. Biaya untuk discovery dive juga akan lebih mahal dibandingkan dengan yang sudah memiliki license. Itu termasuk benefit yang kalian dapatkan jika kalian sudah memiliki diving license.

credits: livingseas.asia
Keuntungan yang paling besar yaitu dengan adanya diving license kalian memiliki lebih banyak peluang untuk mengexplore alam bawah laut! Kalian akan menjumpai berbagai coral dan jenis-jenis ikan lebih banyak lagi. Kalian juga dapat turut serta dalam kegiatan lingkungan seperti penanaman coral dan lain sebagainya. Tentunya dengan adanya diving license ini akan mempermudah kalian untuk menjelahi alam bawah laut. Bagi kalian yang belum pernah diving, tidak ada salahnya mencoba dan dijamin kalian tidak akan menyesal! Melainkan akan terus ketagihan, hehehe. Menurut saya diving adalah suatu hal yang harus kalian coba at least sekali seumur hidup! So apa kamu akan mencoba DIVING? ;)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar