Taman Nasional Komodo, Flores

By Rosa Cornelia Gusfa - Monday, April 17, 2017


Dari namanya pastilah tidak asing lagi. Satu-satunya Taman Nasional di Indonesia dan mungkin di dunia yang memfokuskan terhadap perlindungan dan pelestarian Komodo. Setelah berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas (focus terhadap pelestarian Gajah) Januari 2017 kemarin, alhamdulilah Maret 2017 ini saya berkesempatan untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo.



Taman Nasional Komodo ini terletak di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Di Flores  terdapat dua pulau besar yang dihuni oleh Komodo, yaitu Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau Komodo dikenal dengan sebutan Loh Liang sedangkan di Pulau Rinca dikenal dengan sebutan Loh Buaya. Memasuki Taman Nasional Komodo wisatawan diharuskan membayar sekitar 80ribu rupiah untuk wisatawan domestic dan sekitar 250ribu rupiah untuk wisatawan asing. Tiket tersebut sudah termasuk untuk biaya masuk Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Biaya tiket diluar fee untuk sang ranger/guide yang menemani. Fee untuk ranger di Pulau Komodo adalah 80ribu rupiah untuk satu ranger/guide.



Sumber informasi yang diberikan oleh guide Komodo, terdapat sekitar 1.300an Komodo di Pulau Rinca dan 1.500an Komodo di Pulau Komodo. Jumlah dan jenis Komodo di dua pulau tersebut hampir mendekati kesamaan. Komodo termasuk hewan yang berbahaya, jadi selama trekking kita diharuskan untuk memperhatikan guide dan tidak diperbolehkan untuk berjalan sendiri. Jarak yang diperbolehkan untuk mendekati Komodo yaitu maksimal 2meter. Hal ini agar meminimalisir bahaya yang mungkin terjadi. Untuk pengambilan foto bersama Komodo pun harus berada di jarak 2m atau lebih.



Saat berada di Taman Nasional kita bisa memilih jalur trek mana yang kita inginkan. Bisa itu short trekking, medium trekking dan long trekking. Saat itu saya dengan grup saya yang berjumlahkan 7 orang memilih untuk mengambil medium trekking. Perbedaannya hanya di lama perjalanan trekking dan juga view selama perjalanan.



Pulau Rinca lebih di dominasi oleh sabana/savanna yang sangat luas, jadi kemungkinan untuk bertemu Komodo selama trekking sangatlah minim. Komodo adalah hewan yang tidak menyukai sinar matahari secara langsung, jadi untuk bertemu dengan Komodo di savana hampir jarang terjadi. Komodo biasanya berada di dalam hutan yang sejuk. Namun selain Komodo, Pulau Rinca menawarkan pemandangan savanna dan bukit yang sangatlah sayang untuk dilewatkan. Penghuni lain di Pulau Rinca tidak hanya Komodo, namun terdapat kawanan babi hutan dan kerbau liar yang juga menjadi makanan pokok dari Komodo sendiri.




Berbeda dengan Pulau Rinca, di Pulau Komodo suasananya lebih teduh karena mayoritasnya adalah hutan. Selama trekking di Pulau Komodo kita akan menemukan beberapa spot Komodo yang sedang berteduh di bawah pepohonan. Selama trekking di Pulau Komodo pun tidak terdapat savanna melainkan hanya melewati hutan-hutan. Di Pulau Komodo ini juga terdapat penghuni lain, yaitu babi hutan, kerbau liar dan juga terkadang kawanan rusa terlihat berada di pinggir pantai.




Bagi wisatawan yang ingin menginap, penginapan hanya tersedia di Pulau Komodo. Di Pulau Rinca belum terdapat penginapan. Jarak antara kedua pulau ini cukup dekat yaitu sekitar 2 jam menggunakan kapal. Bagi kalian yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang Komodo, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Taman Nasional Komodo di Flores ini! Percayalah sang ranger dan guide pasti akan menjawab semua pertanyaan yang ingin kalian tanyakan seputar Komodo! 





Ketika sudah berada di Taman Nasional Komodo tetap ikuti aturan yang ada (do & don’t), jangan membuang sampah sembarangan dan jangan rusak ekosistem disana ya, be a smart tourist! : )


  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Dulu waktu di Pulau Rinca aku tidak pernah dapat kesempatan berfoto dengan kata raksasa ini. Habis setiap mendekat dia berdiri, jadi pawangnya melarang berdiri di belakang si komodo. Nggak tahu tuh Padahal aku tidak sedang haid. Tulisan dan foto-fotonya bagus, Ocha :)

    ReplyDelete
  2. tan eviiii, iya tan kemarin komodo nya lagi males2an jadi dia ga gerak, akhirnya dapet kesempatan buat foto hehehe

    ReplyDelete