Backpacker Sailing Komodo, Labuan Bajo

By Rosa Cornelia Gusfa - Monday, March 27, 2017



Pada awal bulan Maret 2017 kemarin saya melanjutkan perjalanan sesuai dengan list tujuan yang harus saya datangi di 2017. Tercapailah perjalanan tersebut yaitu Sailing Komodo. Perjalanan Sailing ini saya jalani berdua dengan teman saya. Kami memulai perjalanan dari Jakarta menggunakan transportasi udara maskapai penerbangan. Sebenarnya jika melalui via darat dan laut akan meminimalisirkan budget namun akan sangat memakan waktu karena via darat dan laut bisa memakan waktu berhari-hari. Rute pesawat yang kami ambil yaitu Jakarta-Bali-Labuan Bajo. Hanya memerlukan waktu 1.5jam dari Jakarta ke Bali dan 1 jam dari Bali ke Labuan Bajo. Untuk harga tiket Jakarta-Labuan Bajo hampir sekitar 1 juta rupiah untuk sekali jalan. Saran dari saya jika ingin mendapatkan tiket murah cobalah untuk memesan jauh hari atau pantau jika sedang terdapat tiket promo.

pelabuhan ferry di Labuan Bajo

Jika berniat melalui jalur darat, rute terdekat kalian bisa memulai dari Bali, Lombok atau Bima. Jika dari Bali maka kalian akan menyebrang terlebih dahulu ke Lombok. Kemudian dari Lombok menggunakan bus menuju kota Bima. Dari pelabuhan Kayangan Lombok menuju pelabuhan Pototano Sumbawa terdapat kapal ferry penyebrangan dengan waktu kurang lebih 3jam. Lalu dari pelabuhan Pototano Sumbawa menuju pelabuhan Sape Bima memerlukan waktu sekitar 10jam menggunakan angkutan umum bus. Kemudian dari pelabuhan Sape menuju pelabuhan Bajo diperlukan waktu sekitar 8jam perjalanan laut. Sesampai di pelabuhan Bajo kalian bisa langsung berjalan mencari homestay karena jaraknya yang sangat dekat. Dari dua pilihan transportasi diatas kembali lagi kepada kalian ingin melalui jalur apa, pilihlah yang sesuai dengan situasi dan kondisi kalian.

pelabuhan kapal kecil di Labuan Bajo

Untuk tiket kapal ferry kalian bisa melihat terlebih dahulu jadwalnya di website resmi PT.Pelni. Selain Pelni ada juga kapal ferry ASDP yang mengangkut penumpang dan kendaraan dari dan ke Sape/Bajo. Jadwal yang saya ketahui untuk ferry ASDP hanya ada di hari senin, rabu dan jumat. Berikut juga harga tiket kapal ferry ASDP per maret 2017;

harga tiket kapal ferry ASDP

Melalui via udara, sesampainya di Bandara Komodo Labuan Bajo kalian akan didatangi banyak calo dan supir taksi. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Labuan Bajo biasanya memang untuk berlibur, maka dari itu tidak heran jika kalian diserbu banyak calo dan supir taksi tepat di teras kedatangan Bandara Komodo. Jarak dari bandara ke pelabuhan tidak terlalu jauh, jika menggunakan taksi biaya yang dikeluarkan yaitu 50ribu rupiah untuk satu mobil. Biasanya supir taksi sudah termasuk calo yang menawarkan berbagai macam paket tour untuk sailing komodo dan kegiatan diving.

Bandara Komodo

Jangan khawatir jika kalian sampai di Labuan Bajo dan belum memesan homestay ataupun sailing trip. Di sepanjang jalan sekitaran pelabuhan terdapat banyak homestay dan tour travel. Harga untuk homestay beragam, ada yang dimulai dari 100ribu rupiah /malam/kamar. Ada pula  70ribu/orang, dalam artian satu kamar terdiri dari beberapa orang dan beberapa tempat tidur (sharing). Tidak usah terburu-buru mencari travel untuk sailing ada banyak sekali tour travel disekitar pelabuhan, carilah lebih teliti untuk mendapatkan harga yang pas. Jangan khawatir tidak mendapatkan buddy selama trip, kalian pasti akan menemukan backpacker lain yang memiliki tujuan yang sama untuk Sailing Komodo. Untuk Sailing Komodo harganya beragam tergantung sailing apa yang kita pilih. Oneday trip, 2D1N trip atau 3D2N trip. Ketiganya beragam dan jenis kapal juga menentukan harga. Ada dua jenis kapal yaitu kapal Open Deck dan Cabin.

view dari Kapal Open Deck

 Pada saat sailing trip komodo saya memilih kapal Open Deck untuk 2D1N. 1 kapal terdiri dari 10 orang, 7 wisatawan dan 3 awak kapal. Untuk Kapal Open Deck harganya lebih murah karena tidak ada fasilitas kamar namun tetap ada toilet, bermalam tidur diatas matras yang sudah termasuk bantal dan selimut. Bedanya dengan kapal Cabin, fasilitasnya lebih lengkap yaitu terdapat beberapa kamar dengan AC/kipas angin, toilet dan tentu ukuran kapalnya lebih besar dan lebih luas. Sekali lagi harga untuk Sailing Trip Komodo sangat beragam, semua tergantung pilihan kalian masing-masing. Harga yang saya dapatkan untuk 2D1N OpenDeck yaitu 900/orang untuk berdua. Jika kalian memesan lebih banyak maka kalian akan mendapatkan harga yang lebih murah tentunya.

Kapal Open Deck

Destinasi dari 2D1N Trip yaitu Pulau Rinca, Pulau Komodo, Pink Beach, Pulau Kalong, Pulau Padar, Manta Point dan Pulau Kanawa. Untuk trip 3D2N destinasi diatas ditambah dengan Gili Lawa Darat, Pulau Kelor, dan Taka Makassar. Sekali lagi pilihlah trip Sailing Komodo sesuai dengan kebutuhan, budget, dan waktu yang kalian miliki.

view selama sailing trip 


Pulau Rinca

Info Penting: Di Labuan Bajo hanya terdapat sinyal telepon seluler Telkomsel dan tentu saja 4G! Jadi pastikan kalian sudah menyiapkannya terlebih dahulu sebelum sampai di Labuan Bajo  ya!

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. hallo kak saya mau minta kontak buat kapal open deck nya . makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, maaf kontak kapal open decknya sudah hilang

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete