Pulau Kelor, Pulau Mungil Penuh Pesona Sejarah

By Rosa Cornelia Gusfa - Wednesday, December 14, 2016

Kunjungan ke Pulau Kelor beberapa hari yang lalu yaitu dalam rangka menerima undangan dari Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari satu malam di Pulau Seribu. Kepulauan Seribu ini sendiri terdiri dari banyak pulau namun  yang sangat mencuri perhatian saya adalah Pulau Kelor.





drone by: instagram @89captain

Pulau Kelor merupakan salahsatu pulau yang berada di Kepulauan Seribu, Jakarta. Lokasinya tidak begitu jauh kurang lebih 1 jam menggunakan speedboat dari Marina Ancol. Pulau Kelor terletak di dekat Pulau Bidadari, Pulau Cipir dan Pulau Onrust. Keempat pulau ini hampir memiliki sejarah yang sama. Di setiap pulau memiliki paling tidak satu benteng peninggalan sejarah. Sedangkan di Pulau Cipir hanya terdapat bangunan bekas belanda yaitu bangunan rumah sakit yang sudah sedikit hancur.




Di Pulau Kelor ini tidak terdapat pemukiman warga. Bentuk pulau ini pun paling kecil dibandingkan pulau-pulau yang lain. Uniknya di Pulau Kelor yang mungil ini berdiri sebuah benteng bekas Belanda. Benteng tersebut bernama Benteng Martelo. Benteng ini sengaja dibuat oleh Belanda pada abad 17 yang gunanya untuk menghadapi serang Portugis.



Pulau Kelor memiliki pasir pantai yang putih bersih dipadukan dengan air yang berwarna tosca bening. Turun dari dermaga kapal dan melihat ke air pasti kalian akan menemukan ikan-ikan kecil yang bermain di bawah dermaga. Di pulau ini wisatawan hanya diperbolehkan berkunjung dan menikmati keindahan Pulau Kelor. 



Menginap di Pulau Kelor masih belum di perbolehkan, dan disana juga terdapat penjag. Di pulau ini kita bisa bermain pantai dan juga berwisata sejarah. So apakah kalian berminat untuk mengunjungi Pulau Kelor yang jaraknya sangat dekat dengan ibukota? Get your short escape to Thousand Island!







  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. Bagus memang yah di Pulau Kelor, kemarin saat kesana lupa ambil foto yang banyak dan sepertinya harus kesana lagi untuk dapat spot foto yang bagus. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak!berarti harus balik lagi ke Pulau Kelor ya ;)

      Delete
  2. Belum sempat ke Seribu lagi, terakhir 2013. Katanya skrng udh bagus ya Rosa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh harus balik lagi ya kak, sekarang beberapa tempat di Pulau Seribu udah semakin bagusss

      Delete
  3. sewa speedboat dimana? bisa dpt kontaknya?

    ReplyDelete