Ribuan Ubur-ubur Cantik di Danau Kakaban

By Rosa Cornelia Gusfa - Thursday, August 04, 2016


Another spot near Derawan Island! Ini namanya Pulau Kababan. Letaknya ga begitu jauh dari Pulau Maratua. Naik speedboat dari Maratua ke Kakaban cuma butuh waktu sekitat 15-20 menit. Yang terpenting adalah, “apa ajasih istimewanya dari pulau ini?” jawabannya adalah, di pulau ini kalian ga cuma ketemu pantai dan air lautnya yang jernih untuk snorkeling tapi di pulau ini ada lagoon atau yang biasa dibilang Danau Kakaban yang dihuni sama ribuan Stingless Jellyfish!! 

credits: instagram @dgoreinnamah 

di tepi dermaga Pulau Kakaban


Jadi Stingless Jellyfish itu biasa dikenal sebagai ubur-ubur yang tidak menyengat dan mereka sudah ada di danau ini sejak lama. Kalau biasanya banyak orang takut beriteraksi dengan ubur-ubur karena biasanya timbul efek gatal jika kita menyentuhnya. Berbeda dengan ubur-ubur di Danau Kakaban ini, mereka sangat sangat friendly loh! Jadi kebayang kan gimana serunya bisa berenang sama ribuan Stingless Jellyfish ini?
Dari dermaga pulau ini kita diharuskan berjalan kaki jika ingin menuju danau. Danau Kakaban berlokasi di dalam Pulau Kakaban. Letaknya ga begitu jauh, jalan kaki sekitar 7-10 menit. Akses ke danau sekarang juga sudah semakin bagus, sekarang sudah ada tangga dan jalan kayu menuju ke danau. Harus sedikit berhati-hati karna jalan kayu ini sedikit licin jika sehabis hujan. Terdapat juga beberapa toilet umum di dekat pintu masuk pulau ini.

credits: instagram @dgoreinnamah 

di depan dermaga Pulau kakaban


Yang paling ditunggu-tunggu ya berenang sama Stingless Jellyfish! Disarankan untuk berenang jika kalian sudah berada di tepi danau, kenapa? Karna kapan lagi kalian bisa bertemu dan berenang dengan ubur-ubur yang tidak menyengat?! Stingless Jellyfish ini hanya ada di beberapa tempat di Indonesia. Jadi bisa dibilang ini cukup langka untuk ditemuin. Kadang ubur-ubur ini memang tidak sering muncul di permukaan. Mereka kerap sembunyi di dasar danau dibalik rumput-rumput laut. Jadi kalian harus lebih berusaha untuk ingin melihat mereka. Berenanglah kedalam dan lihat ribuan Jellyfish yang berenang malu di balik rumput-rumput laut.

underwater pict with Stingless Jellyfish

crystal water in Kakaban Island


Rules and Regulation berenang di Danau Kakaban! Pertama, jangan pernah untuk menggunakan fins/kaki kodok saat berenang di danau ini. Fins yang digunakan bisa menabrak ubur-ubur karena jumlahnya yang banyak dan mereka berenang di segala arah. Fins yang menabrak ubur-ubur juga bisa membuat badannya terluka hingga mati, karna kita tahu tubuh ubur-ubur ini sangat rentan. Kedua, usahakan untuk tidak menyentuh mereka. Ubur-ubur disini memang tidak menyengat tapi bukan berarti kita bisa sesukanya menyentuh mereka. Karna dengan menyentuhnya juga bisa membuat badan mereka terluka. Ketiga, sangat dilarang untuk mengambil dan membawa pulang ubur-ubur. Guys, akuarium rumah kalian bukan tempat dan habitat mereka, biarkanlah mereka hidup di alamnya. Mereka memang sedikit langka tapi bukan berarti kita bisa seenaknya mengambil dan membawanya pulang. Keempat, tetap jaga kebersihan. Ini selalu harus kita terapkan dimanapun kita berada. Tidak hanya di danau ini. Buanglah sampah pada tempatnya. Jika belum menemukan tempat sampah tidak ada salahnya sampah tersebut disimpan dulu, kemudian dibuang saat sudah menemukan tempat sampah.

Stingless Jellyfish
credits: instagram @dgoreinnamah


Note: Rules and Regulations ini dibuat menurut aturan umum yang memang harus dilakukan dan diterapkan saat berada di Danau Kakaban.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar