Pendakian Gunung Batur, Bali

By Rosa Cornelia Gusfa - Saturday, August 20, 2016

Gunung Batur, mungkin beberapa dari kalian sering dengar nama gunung ini tapi ga tau gunung ini di daerah mana. Aku pun merasakan hal yang sama! Pendakian ke Gunung Batur ini awalnya direncanain bulan Juli 2016, karena bulan Agustus saya dan beberapa teman berencana untuk ke Bali, dan mulailah kami mencari tempat apa aja yang menarik untuk dikunjungin dan voilaaa! Gunung Batur pun jadi salahsatu tujuan kami.


Gunung Batur, Bali

Gunung Batur terletak di Kintamani, Bali. Gunung Batur ini juga sangat terkenal dengan Sunrise nya, jadi ga heran kalo gunung ini cukup ramai dengan wisatawan. Wisatawan asing yang berkunjung ke gunung ini lebih banyak dari wisatawan lokal. Perjalanan dari Kuta dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Dan disarankan untuk berangkat sekitar pukul 01.00 WITA agar bisa sampai di pos pendakian pukul 03.00 WITA.  Pukul 03.00 atau 03.30 adalah waktu yang pas untuk memulai pendakian. Disini juga ada jasa porter, untuk warga lokal dikenakan harga sekitar 350+ dan turis asing bias sekitar 450+.


banyaknya wisatawan di Gunung Batur


Pendakian saya kali ini bisa dibilang pendakian yang kurang persiapan. Saya bersama ketiga teman saya hanya menggunakan pakaian seadanya, jaket seadanya, dan sepatu seadanya, dan semua perlengkapan kami bukanlah perlengkapan gunung. Teman saya menggunakan converse, adidas superstar, nike running dan juga saya sendiri yang hanya menggunakan sandal.  Untungnya dengan perlengkapan seadanya kami tetap bisa sampai ke puncak dan turun ke pos pendakian dengan selamat.


bukan pakaian untuk digunung (jangan ditiru) 


Ketinggian Gunung Batur yaitu 1717 mdpl. Dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi ini bukan berarti Gunung Batur mudah di taklukkan. Menurut pendapat saya yang Alhamdulillah sudah pernah naik ke beberapa gunung ekstrem lainnya,Gunung Batur bukanlah gunung yang cocok untuk pemula. Walaupun pendakian mencapai puncak hanya membutuhkan waktu 2 sampai 2jam setengah, namun trek jalur pendakiannya sangatlah ekstrem. Hampir mirip dengan summit Gunung Rinjani tapi Gunung Batur lebih banyak bebatuan dan pasir. Beberapa dari kami pun sering kali terpeleset dan jatuh hahaha, semua gunung punya cerita!



jalur dengan pasir dan bebatuan



jalur bebatuan


jalur yang disuguhi pemandangan Danau Batur


Angin pagi yang kencang juga sangat terasa karena jaket yang kami gunakan bukan windproof ataupun jaket untuk gunung, ada yang menggunakan parka, jaket jeans, bomber jacket dan juga jaket biasa yang intinya tipis. Sesampai di puncak Batur, keadaan masih gelap sekitar pukul 05.10 WITA. Sedikit demi sedikit cahaya berwarna orange mulai muncul merata di sepanjang langit.





Ketika matahari sedikit demi sedikit muncul, terlihat gunung nan cantik di sebrang tempat kami berdiri. Dan ketika saya bertanya kepada porter, ternyata itu Gunung Rinjani! She’s so beautiful!! Demi apapun saya sendiri girang melihat Rinjani yang sangat cantik walau dari kejauhan.


Gunung Rinjani


Di depan puncak Gunung Batur tempat kami melihat Sunrise, terlihat beberapa gunung di sebrangnya. Gunung Rinjani terlihat dari kejauhan dan juga Gunung Abang dan Gunung Agung yang sedikit berdempetan namun terlihat sangat jelas dari Gunung Batur. Dibawah Gunung Batur pun terdapat Danau Batur yang menjadi pembatas antara Gunung Batur dan Gunung Abang.


sunrise di Gunung Batur


view Danau Batur, Gunung Abang dan Gunung Agung


Perjalanan menuju puncak Batur yang sangat melelahkan akan sangat terbayar ketika sudah berada di puncak. Pemandangan alam yang sangat indah, nuansa pagi yang asri seakan menyuruh kita untuk tetap lebih lama berada di puncak.



Jika kalian sedang berlibur ke Bali, sempatkanlah untuk ke Gunung Batur. Bali is not only about beach club, prepare your self because the nature is waiting for you!





 left to right : Jordivian, Me, Nanda, Netty. see you in another trip buddies!

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. belum kesampaian ke gn. batur.... suka sama fotonya.. tahun depan baru bisa ksana kali ya... rehat dulu 6 bulan dari gunung

    ReplyDelete