Terselip Surga di Timur Kalimantan, Pulau Derawan!

By Rosa Cornelia Gusfa - Thursday, July 28, 2016



Hai kalian para teman pejalan! Mungkin kalian yang suka traveling udah ga asing lagi sama namanya Pulau Derawan. Bagi beberapa orang Pulau Derawan ada di dalam bucketlist mereka.  Sama halnya juga dengan bucketlistku! Derawan masuk di bucketlist 2016 tempat yang harus aku datengin dan yeay Alhamdulillah bucketlist itu pun tercapai. 


Sunset di Derawan


tarian tradisional sambutan dari anak-anak lokal Pulau Derawan


Untuk pergi ke Derawan banyak orang biasanya menggunakan jasa Trip Operator karena di Derawan ini transportasi umum sangat terbatas, tapi ada juga yang pergi dengan sendirinya atau backpackeran. Perjalananku ke Derawan bulan Mei 2016 kemarin bukan dalam rangka mengikuti Open Trip Travel-travel, melainkan FREE di sponsori oleh Derawan Fisheries dengan ownernya yang super ramah yaitu mas Harry Gunawan.  Derawan Fisheries ini merupakan nama dari water cottatge dan tour operator yang ada di Pulau Derawan. Jadi kalau kalian bingung mau tinggal dimana saat berkunjung ke Derawan, Derawan Fisheries lah jawabanya!


bersama owner dari Derawan Fisheries


Derawan Fisheries Water Cottage


Secara geografis Pulau Derawan ini berada di kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Jika dari Jakarta kalian bisa ambil jalur udara, biasanya transit di Balikpapan,  Surabaya, atau juga Direct Flight ke Bandara Kalimarau Berau. Dari Berau melanjutkan perjalan ke pelabuhan Tanjung Batu dan kemudian sampailah di Pulau Derawan. Dari bentuknya Pulau Derawan ini gak terlalu besar, ada juga beberapa pulau besar di sekitarnya namun pulau yang di huni oleh masyarakat hanya Pulau Derawan.


Bandara Kalimarau Berau


Apa sih istemewanya Derawan yang membuat banyak orang ingin berkunjung? Jawabannya adalah BANYAAKKKK. Derawan punya banyak keistimewaan yang jarang ada di tempat lain. Yang paling utama itu keistimewaan bawah laut Derawan boleh diacungi jempol. Ke Derawan itu ibaratnya paket lengkap. Mau liat ikan-ikan cantik, ada. Ubur-ubur ga menyengat, ada. Pari Manta, ada. Penyu, banyak banget. Lumba-lumba, juga banyak! 


ubur-ubur di Danau Kakaban


Dan yang paling jarang bisa ditemuin di Indonesia adalah Whaleshark! Tapi bedanya Whaleshark di Derawan ini cukup mudah untuk ditemuin. Siapa yang gamau ketemu dan berenang  sama ikan Hiu Paus ini, udah berenangnya pelan, bukan karnivora jadi jangan takut dia gak makan manusia, dan Whaleshark juga sangat friendly asal kalian ga ganggu dia aja disaat dia sedang mencari makan atau hanya sekedar berenang di laut lepas.


Whaleshark di Derawan


Pasti banyak yang bertanya juga, spot yang bagus di Derawan apa aja sih? Oke, jadi di Derawan itu gak Cuma bawah lautnya aja yang bagus banget, tapi pantai, danau dan goa yang ada di Derawan semuanya bagus dan unik! Ada pantai Maratua, Danau Ubur-ubur, Pulau Sangalaki untuk spot pari Manta, Pulau Kakaban, Pulau Manimbora yang kuat akan sejarahnya, Pulau Kaniyungan, Danau Labuan Cermin, dan juga Pulau Derawan sendiri yang penuh akan spot Penyu! Semua detail untuk spot-spot yang ada di Derawan, nanti akan menyusul artikelnya setelah ini. Sampai berjumpa lagi!


Pantai berwarna tosca di Pulau Maratua



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar