Batik dan Soto khas Banjar, Kalimantan Selatan

By Rosa Cornelia Gusfa - Thursday, June 30, 2016


Batik? Soto? Sangat tidak asing terdengar ditelinga masyarakat Indonesia. Siapa yang tidak tahu batik? Kerajinan asli Indonesia. Seni yang diwujudkan dan di tampilkan dalam berbagai bentuk kain hingga berbagai seni rupa lainnya dengan tampilan dan motif-motif unik khas Indonesia. Bukan cuma batik, tapi juga Soto. Makanan khas Indonesia ini tentu sangat terkenal. Ada soto betawi, soto makasar, soto lamongan dan juga ada soto banjar. Terdengar dari namanya soto-soto ini berasal dari tempatnya masing-masing, seperti soto betawi berasal dari daerah dki jakarta, soto makasar dari sulawesi selatan dan juga soto banjar ini berasal dari kalimantan selatan.


Batik Sasirangan

Mulai dari batik. Pasti semua orang indonesia tahu apa itu batik. Yang paling terkenal mungkin batik solo atau batik jawa. Tapi jangan salah, kalimantan juga punya batik! Batik khas kalimantan ini namanya adalah Batik Sasirangan. Batik memang identik dengan corak yang dipadukan dengan warna senada. Saat ini batik tidak hanya dibuat sebagai kain, namun banyak juga seni seni rupa yang saat ini sudah bercorak batik. Berbeda dengan batik-batik jawa pada umumnya, batik kalimantan ini memiliki motif yang unik. 


Kalau biasanya batik jawa identik dengan motif bunga, di kalimantan biasanya batik bermotif khas dayak. Motifnya bermacam-macam dan warnanya pun juga beragam. Batik Sasirangan ini juga mempunyai banyak tipe, setiap tipe tentu harganya berbeda-beda. Yang paling mahal harganya yaitu kain Batik Sasirangan sutra. Dari namanya kita bisa tahu kalau batik tersebut terbuat dari sutra. Bahannya yang sangat lembut membuat batik ini dikenakan biaya yang cukup tinggi sekitar IDR 500an keatas. 


Jika ingin memiliki Batik Sasirangan dengan harga yang lebih terjangkau juga ada tipe yang lain. Tidak terbuat dari sutra namun bahannya tetap oke dan lembut. Harganya terjangkau mulai dari IDR 120 ribu kita sudah dapat memiliki Batik Sasirangan yang bermotif dayak ini. Sekarang tergantung kita ingin memilih motif dan warna apa sesuai dengan keinginan kita! Ketika berkunjung ke banjarmasin atau banjar baru jangan lupa untuk datang ke pasar Martapura. Terletak di banjarbaru, pasar ini adalah pasar tradisional yang menjual berbagai barang-barang khas kalimantan selatan. Jadi kalau kalian ingin membeli batik sasirangan yang bagus dan berkualitas, jangan lupa berkunjung ke pasar Martapura ya! 


Kuliner Soto Banjar

Siapa pecinta soto disini?! Jangan ngaku pecinta soto kalau belum coba Soto Banjar. Dan juga jangan ngaku sudah pernah ke Banjar kalau belum coba Soto Banjar. Hampir sama dengan soto-soto pada umumnya. Soto Banjar terdiri dari lontong, ayam, bihun, sayur, kuah bersantan, bawang goreng dan kerupuk. Lebih nikmat disantap ketika dalam keadan panas. Jika anda pecinta pedas mungkin bisa ditambahkan cabe untuk lebih menyedapkan rasa soto ini. 

(credit: google.com)

When you come to Banjar, you should eat Soto Banjar on your list! Di banjar dimana makan soto Banjar yang enak? And i suggest you to go to Pasar Terapung Lok Baintan! It has the best Soto Banjar in da world. Bukan bermaksud lebay tapi memang benar. Dipasar terapung ini banyak pedagang-pedagang soto Banjar yang menjajakan dagangannya. Disini kita bisa menikmati soto Banjar yang enak dengan nuansa sungai. Makan soto Banjar diatas kapal dipadukan teh manis hangat sambil melihat pasar terapung pertama di Indonesia, kapan lagi?


(credit: google.com)

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Explore Indonesia.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Explore Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Explore Indonesia

    ReplyDelete